Jan 12, 2016

Budidaya Kroto

Trik Budidaya Kroto : Saat yang tepat menambahan toples baru
Posted on Februari 3, 2015 by admin
Anda ingin tahu kapan seharusnya perlu menambah toples baru? Penambahan toples sebaiknya dilakukan setelah telur (larva) kroto dibiarkan menetas menjadi semut pekerja, sodron (semut jantan) dan caltu (calon ratu).
Dengan menetas berarti secara otomatis toples akan penuh koloni dikarenakan bertambahnya anggota baru, untuk mengindari koloni yang penuh maka perlu ditaruh toples baru agar terjadi pemecahan koloni-koloni baru.
Dengan cara itu pembibitan akan berkembang dan hasil kroto akan menjadi lebih maximal. Setelah semut pekerja mulai menuhi toples seperti terlihat digambar, dapat dipastikan koloni baru akan terbentuk yang akan bisa meningkatkan produksi kroto anda.
Description: waktu yang tepat kroto
waktu yang tepat menambah toples kroto



FAKTOR KEGAGALAN BETERNAK KROTO
Posted on Mei 18, 2015 by admin
FAKTOR KEGAGALAN BETERNAK KROTO
Kegagalan Beternak Kroto banyak terjadi di para Peternak Kroto disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya:
1. Bibit Kroto tidak sesuai dengan ukuran atau kapasitas rak.
Hal ini banyak sekali terjadi untuk para pemula Peternak Kroto dengan membuat rak yang besar akan tetapi Bibit Kroto sangat sedikit atau tidak sebanding dengan kapasitas rak alhasil banyak semut yang hanya main-main dan tidak bekerja sehingga pertumbuhan tidak sesuai dengan yang di ingin kan Peternak Kroto.
Kami sangat memaklumi bilamana dalam berbisnis semua menginginkan modal kecil untuk hasil yang besar akan tetapi baiknya menghargai sebuah proses. Hal tersebut tetap bisa dilakukan tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama.
2. Tergesa-gesa menambahkan toples kosong
Banyak Pembeli Bibit Kroto setelah menaruh Bibit Kroto yang dibeli didalam rak ternak langsung menambahkan toples-toples kosong dalam jumlah yang banyak,maksudnya supaya segera berkembang Bibit Kroto nya dan dapat melihat perkembangannya.
Hal tersebut baiknya dilakukan bertahap, misal toples sudah mulai banyak Kroto yang menetas alhasil kan jadi penuh toples tersebut maka lalkukan penambahan toples dirak paling atas satu dulu setelah sdh terisi mulai tambah toples satu lagi dan seterusnya.
3. Kandang Kroto terlalu terbuka(masih banyak cahaya yang masuk)
Banyaknya cahaya dan angin masuk dapat mengakibatkan semut menjatuh kan diri dari rak atau jatuh dikarenakan tertiup kencangnya angin. Logika di alam bila semut terkena cahaya sinar matahari dia akan menutupi dengan meniungkan dedaunan baru akan membikin sarang.
Kalau tertiup angin dia akan jatuh pindah ke pohon lain, lha kalau di rak heheehhe?kita yang akan mungguti untuk dikembalikan lagi ke rak.
4. Tergesa-gesa Panen Kroto
Semua peternak pastinya menginginkan segera panen raya,akan tetapi harapmemperhatikan beberapa hal :
– Panen hendaknya dilakukan hanya 50% dari Toples yang siap panen
Misal 10 toples siap panen yang dipanen hanya 5 toples saja biarkan yang 5 toples dibiarkan menetas untuk regenerasi semut. Bilamana itu tidak dilakukan maka setelah panen penyusutan semut bisa 40-60% dalam koloninya.
Smua itu kita pelajari mengaplikasi dari alam, bila smua kroto diambil maka regenerasi tidak tercipta alhasil kita sangat sulit menemui Kroto(semut angkrang)disekitar pohon rumah kita.
– Baiknya kalau jumlah toples masih sedikit misal dibawah 100 toples hendaknya dikembangkan terlebih dahulu, bilamana sudah banyak baru lakukan panen beberapa toples terlebih dahulu.
– Kalau jumlah toples masih sedikit namanya baru coba-coba, kalau sudah yakin bisa baru terjun ke bisnis dengan ratusan,ribuan bahkan puluhan ribu toples itu baru berbisnis.
5. Mencoba Ramuan-ramuan semut
Hibauan saja bila temen-temen mau mencoba sesuatu atau bisa dikatakan penelitian hendaknya di uji coba pada beberapa toples saja jangan diaplikasikan ke smua rak atau toples setelah berhasil baru di aplikasi kesmua toples ataupun rak.



Cara Mengatasi Kematian Semut Rangrang

Posted on Februari 28, 2015admin
Masalah yang paling ditakutkan oleh peternak semut rangrang adalah kematian semut rangrang. Kematian yang banyak terjadi adalah kematian semut pekerja. Semut pekerja memang memiliki umur hidup yang paling singkat sehingga wajar secara alamiah mati lebih dahulu.
Semut pekerja mirip dengan semut prajurit, jangan sampai semut prajurit mati karena kalo semut prajurit mati dalam jumlah banyak dapat mengganggu koloni atau koloni tidak solid lagi.
Apabila kematian semut rangrang secara alami maka kita sebagai peternak tidak perlu was was, tetapi kalo penyebab kematian semut tidak alami itu kita perlu waspada. Semut yang mati secara alamiah akan dimakan semut laing bangkainya.
Apabila bangkai semut yg mati tidak dimakan oleh semut lain pertanda semut mati secara tidak wajar seperti terkena racun, atau minyak tanpa kita sengaja.

Cara mengatasi kematian semut rangrang

  • Kematian semut rangrang karena salah penempatan atau pencampuran semut rangrang dari alam yang beda koloni dalam satu rak, sehingga mereka akan saling menyerang. Koloni yang berbeda tidak bisa langsung dicampurkan harus dipisah agar tidak saling menyerang.
  • Apabila ingin digabung dalam satu rak maka triknya adalah ketika mengambil dari alam adalah melakukan uji coba satu koloni dulu, tes dengan dengan memasukan semut yang diambil tadi ke koloni yang lain apakah dimangsa atau tidak. Butuh waktu yg lama untuk mengetahui apakah koloni yang baru bisa diterima, perhatikan apakah ada perkelahian antar semut; 
  • Semut rangrang mati dikarenakan mengalami STRESS akibat terjadi perubahan lingkungan. Misalnya anda memindahkan dari alam kemudian ditangkar di toples. Apabila tidak ditangani dengan benar semut akan melakukan bunuh diri. Untuk mengatasinya usahakan suhu dan kelembaban kandang sama dengan kondisi di alam karena semut suka tempat yang lembab dan sediakan makanan yang cukup di sekitar stoples agar semut merasa terhibur;
  •  Hindari penggunaan obat nyamuk semprot disekitar kandang karena semut memiliki penciuman yang sensitif;
  • Hindari pembakaran sampah atau plastik yang mengakibatkan asap masuk ke  kandang, karena asap  akan menyebabkan kematian pada semut semut;
  • Jangan biarkan atap kandang dalam keadaan bocor, karena atap bocor akan menyebabkan sinar matahari masuk yang menyebabkan semut kepanasan dan akirnya memicu kematian semut;
Description: CaraMengatasiKematianSemutRangrang-cara_mengatasi_kematian_semut.jpg

Keywords : fakta semut rangrang,jual semut rangrang bekasi,semut rangrang ternak,pakan semut rangrang agar cepat bertelur,gambar semut rangrang



Makanan Semut Rangrang Penghasil Kroto | Jual Bibit Kroto

Posted on Maret 13, 2015admin
Jual Bibit Kroto. Dalam usaha budidaya semut rangrang atau ternak kroto kita harus mengenali sumber-sumber makanan bagi semut rangrang. Pakan yang berkualitas menjadi sangat vital dalam menentukan hasil dari panenan kroto kita.
Hal yang sangat dihindari untuk terjadi adalah kekurangan makanan, wadah makanan kosong. Apabila wadah pakan kosong maka semut akan memakan telurnya sendiri hal ini sangat membahayakan karena akan mengurangi panenan kita. Jenis pakan semut rangrang diantaranya jenis serangga, daging dan larva
Jual Bibit Kroto Murah Dian Kroto |081229 893 588 
Hampir semua jenis serangga dapat digunakan untuk pakan semut. Walaupun demikian, jenis jangkrik atau ulat hongkong adalah yang paling disukai oleh semut rangrang. Selain jenis itu, jenis makanan hasil olahan semacam sisa daging yang masih menempel pada tulang juga disukai semut rangrang. Semut angkrang juga menyukai larva seperti tawon dan semacamnya.
  • Ulang Hongkong
Description: pakan semut rangrang
pakan semut rangrang
Ulat hongkong mempunyai kandungan protein yang tinggi. Semut rangrang menyukai ulat ini. Biasanya semut rangrang akan memboyong beberapa ulat tersebut ke dalam sarang untuk kemudian dimakanya. Harga ulat hongkong 1 ons sekitar Rp 5 ribu rupiah cuku untuk 30 toples selama sekitar 7 hari.



  • Ulat Pisang
Protein yang terdapat di dalam ulat pisang sangat baik untuk perkembangan rangrang. Di alam liar semut rangrang juga memakan ulat jenis ini, apabila sarangnya berdekatan dengan pohon pisang.
  • Jangkirk
Jangkrik termasuk makanan favoriut semut rangnrang. Namun, serangga jenis ini memiliki banyak kaki, sehingga untuk dijadikan oakan, kaki-kaki harus dipatahkan terlebih dahulu agar jangkrik tidak meloncat.
  • Belalang
Seperti dengan jangkrik, belalalng di alam liar juga di incar oleh semut rangrang sebagai mangsa. Namun, untuk pakan kaki-kaki dan sayap harus dilepas agar tidak terbang
  • Cacing Tanah
Untuk pakan selingan, cacaing pub bisa menjadi alternatif yang baik. Di alam liar cacing juga menjadi santapan semut rangarang
  • Cicak
Selain cacing, pakan alternatif selingan yang lainya adalah cicak. Sebaiknya tidak memberi cicak yang masih hidup karena pasti akan lari.



Jual Bibit Kroto Murah – Testimoni dari Customer

Posted on Februari 22, 2015admin
Jual bibit kroto murah. Hubungi Dian Kroto HP : 081229 893 588 BBM :7914 d80. Menyediakan bibit kroto dalam bentuk toples kirim ke solo , semarang , sragen , wonogiri dan kota lainya. Memberikan bukti bukan janji. Banyak pembeli yang sudah membeli di tempat kami dan berhasil berkembang biak seperti beberapa kustomer berikut ini.
Budidaya kroto rumahan memberikan alternatif atau solusi bagi mereka yang senang akan memancing dan kicauan burung.  Hal ini karena kroto merupakan makanan utama bagi burung berkicau semacam murai batu, kacer, jalak dan lain seebagainya. Dengan tersedianya kroto, kicauan burung pun lebih gacor dan bersuara mantap serta berani tanding.
Berikut ulasan dari pembeli yang telah membeli bibit kroto dari kami Disini akan kami berikan beberapa bukti dari pelenggan pembeli bibit kroto. Seperti bapak vicky dari boyolali yang telah berhasil dari 20 toples yang dibeli menjadi 29 toples dalam waktu 2 minggu saja. Serta pengalaman bapak hartanto dari sragen yang berhasil menggabungkan antara semut alam dengan hasil semut tangkaran dari kami
Description: Jual bibit kroto murah - Testimoni
Jual bibit kroto murah – Testimoni
Description: Jual bibit kroto murah - Testimoni
Testimoni
Description: Jual bibit kroto murah - Testimoni
Testimoni
Description: Jual bibit kroto murah - Testimoni
Testimoni
Description: Jual bibit kroto murah - Testimoni
Testimoni




Cara Budidaya Kroto Bagian -4 (Pantangan)
Posted on Februari 3, 2015 by admin
Jual bibit kroto jogja kali ini membahas tentang pantangan dalam budidaya kroto. Perlu adanya beberapa hal yang harus dihindari para peternak agar dalam budidaya bisa mendapatkan hasil seperti yang di inginkan. Banyak peternak pemula gagal dalam usaha berternak kroto karena tidak mengerti pantangan dalam beternak kroto.
Menurut pengalaman kami ( jual bibit kroto jogja ) Beberapa hal yang harus dihindari saat beternak kroto adalah :
  1. Merokok ditempat budidaya : Merokok adalah pantangan yang harus di hindari, mungkin terasa sepele karena asap rokok dapat membuat semut stres atau bahkan mati;
  2. Angin yang terlalu kencang (dapat menjatuhkan semut pekerja) : buat sekat yang cukup yang dapat menghambat angin menghempas rak semut, karena semut akan jatuh atau terbang;
  3. Suhu ruangan yang terlalu panas >37 derajat celcius : Hindari suhu ruangan yang terlalu panas diatas 37 derajat celcius, pertahankan suhu ruangan yang sejuk agar terjaga kesejukan atau kelembaman nya
  4. Tempat yang terlalu bising (pinggir jalan raya) : hindari menempatkan kandang disamping pinggir jalan raya, karena suara yang bising dari kendaraan akan membuat semut stress;
  5. Foging (penyemprotan nyamuk demam berdarah) : Penyemprotan nyamuk atau fogging adalah musuh utama semut, jangan sekali kali penyemprotan nyamuk masuk ke kandang karena akan membuat semut mati;
  6. Membakar sampah didekat area ternak : Sampah atau asap akan menyebabkan semut mati atau setress sehingga hindarkan pembakaran sampah dekat kandang ternak semut rangrang karena akan menyebabkan asap masuk ke kandang
  7. Pemberian makan dan minum yang berlebihan : hindari memberikan makan berlebihan , jika berlebihan tidak habis terlalu lama akan menjadi kotor.
Setelah tahap demi tahap diatas pastinya peternak ingin bertambah koloni maupun panen krotonya agar hasil maksimal.
Description: bibit kroto
bibit kroto



No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar dan jangan lupa di share