Jangan Menyuruh Kebaikan
Kalau Tidak Melakukan
أتأمرون الناس بالبر وتنسون أنفسكم وأنتم تتلون الكتاب أفلا تعقلون
Artinya : Mengapa kalian menyuruh orang lain (mengerjakan) kebajikan sedang kamu melupakan diri (kewajiban) sendiri, padahal kamu membaca kitab (taurot) maka tidakkah kamu berfikir? (Al-Baqoroh : 44)
Di dalam kitab Hadaikurruh Warroihan[1] lafad أتأمرون الناس hamzahnya adalah istifham ingkari maksudnya adalah untuk menghina dan kagum atas tingkah lakunya orang yahudi yang sangat buruk menurut akal, yaitu mereka menyuruh orang lain melakukan kebaikan sedangkan dirinya sendiri tidak melakukannya
Sangatlah pedih sikasanya bagi orang yang memiliki sifat yang telah disebutkan oleh Al-Qur’an 01: 44, di dalam kitab Al-Jami’ Liahkamil Qur’an[2] disebutkan bahwa orang yang mempunyai sifat seperti di atas disiksa nanti di hari kiamat. Sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Abu Umamah Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya: “Sesungguhnya banyak orang menyuruh kepada manusia mengerjakan kebaikan sedangkan dirinya sendiri tidak melakukannya, maka mereka di neraka jahannam dipotong-potong. Lalu nabi bertanya kepada mereka, siapakah kalian? Lalu mereka menjawab kami adalah orang-orang yang menyuruh manusia melakukan kebaikan sedangkan kami sendiri tidak melakukannya”.
Tafsiran lafad وتنسون أنفسكم di dalam kitab Al-Jami’ yaitu meninggalkan. Dam tafsiranya ayat وأنتم تتلون الكتاب ayat ini adalah celaan yang amat sangat bagi orang yang faham dan orang yang membaca al-kitab (taurot). Sedangkan lafad أفلا تعقلون tafsirannya yaitu apakah kalian tidak mencegah diri kalian dari perbuatan yang menimpa pada kalian.
Sedangkan di dalam Kitab Mukhtasor Ibnu Katsir[3] lafad أتأمرون الناس dijelaskan bahwa Bani Isarail menyuruh manusia untuk taat dan takut kepada Alloh SWT tetapi dirinya sendiri mengingkarinya maka Alloh menghina kepada mereka dengan menurunkan ayat di atas. Ibnu Abbas menafsiri lafad وتنسون أنفسكم yaitu meniggalkan dirinya sendiri dan lafad وأنتم تتلون الكتاب أفلا تعقلون yaitu ditafsiri mereka mencegah manusia untuk kafir dengan sesuatu yang yang berada disisinya dari kenabian, perjanjian yang berada di dalam kitab taurot. Tetapi mereka sendiri tidak melakukannya yaitu mereka mengkafiri terhadap sesuatu yang telah dijanjikan kepada mereka seperti membenarkan Rosululloh dan menepati janji. Ad Dhahak dari Ibnu Abbas didalam menjelaskan ayat di atas yaitu:” Apakah kamu menyuruh pada manusia untuk masuk dalam agama Muhammad dan mendirikan sholat sedangkan kalian sendiri tidak melakukannya”.
Oleh karena itu marilah kita bersa-sama mengajak kebaikan kepada orang lain dan jangan lupa melakukan apa yang telah kita perintahkan kepada orang lain, agar kita tidak masuk pada kategori yang telah disebutkan oleh Al-Qur’an
IMAM SYAHROWARDI
Siswa kls 1 Tsanawiyah
[1] Muhammad Amin bin Abdulloh Al Uromiy Al Haroriy As Syafii Hadaikurruh Warroihan 391 juz 1 Daruut Taukin Najah Bairut Libanon cetakan kedua tahun 1426 H / 2005 M
[2] Abi Muhammad bin Ahmad Al Anshoriy Al Qurtubiy Al Jami’ Liahkamil Qur’an 301-304 Darul Fikr Bairut Libanon cetakan tahun 1420 H / 1999 M
[3] Imam Imaduddin Abi Fida’ Ismail bin Katsir Addamsikiy Mukhtasor Ibnu Katsir 59 juz 1 Darul Quranul Karim Bairut Libanon cetakan ke 7 th 1402 H / 1981 M
No comments:
Post a Comment
Terimakasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar dan jangan lupa di share